Monday, June 17, 2013

Perbedaan J-lovers dengan K-lovers



Di Indonesia ini para Asian lover terbagi dalam beberapa golongan, kayak Japanese-lovers, Korean-lovers, Chinese-lovers, Taiwan-lovers, Thailand-lovers. Tapi diantara golongan-golongan itu, yang paling besar ada 3 golongan, yaitu Japanese-lovers, Korean-lovers, dan percampuran keduanya yaitu JapaneseKorean-lover. Nah, dalam postingan kali ini saya akan memberikan pemikiran saya tentang  perbedaan antara Japanese-lovers (J-lover) dengan Korean-lovers (K-lovers). Beberapa kalangan mungkin menyebutnya dengan J-popers sama K-popers. tapi disini saya akan pake istilah J-lovers dan K-lovers. ^^
Untuk yang JapaneseKorean-lovers, kudu diliat dulu mana yang lebih dominan. Kalo yang dominan Japanese-nya ya berarti ya masuk golongan J-lovers, dan kalo Korean-nya yang dominan ya berarti masuk golongan K-lovers.


     J-lover--------------------------------------- wota    &   cosplayer




                                            
K-lovers------------------------ --- pokoknya ini K-lovers. ^^a wkwkwk..
.
.
Oke, langsung aja cekidot~

KALO ADA ‘PRODUK’ INDONESIA YANG BER-STYLE ----Jepang/Korea
 kalo ada band Indonesia yang berkiblat sama style-nya Jepang biasanya sama J-lovers akan disambut dengan baik. Kayak band J-rock, Jellyfish, dll. Banyak lho penggemar V-Kei yang suka sama band V-Kei asal Indonesia sendiri.. ^^ mereka biasanya cari2 info tentang band Indonesia yang nge-cover lagu2  dari band V-Kei. Dan para J-lovers akan mengakui  mereka, apalagi kalo kemampuan mereka emang layak diakui. Biasanya para J-lovers merasa bahwa dia dan mereka adalah sama-sama ‘seorang J-lovers’. Meskipun banyak juga dari J-lovers secara selera gak suka, tapi biasanya J-lovers akan respect sama mereka, karena setidaknya mereka sudah memperkenalkan J-pop ke masyarakat luas. ^^
Beda sama K-lovers yang langsung gak suka waktu ada girlband Indonesia yang berkiblat sama girlband Korea. Macem Cherrybelle (kalo ini jelas gak suka karena udah plagiat total sama SNSD. xD ), 7ikon,  dan girlband2 / boyband2 indonesia lainnya . yang berkiblat sama music dan style Korean. Sampai detik ini saya gak pernah nemuin seorang Korean-lovers yang juga nge-fans sama girl/boyband Indonesia. Kalo beneran ada nih, perlu dipertanyakan itu ke-lovers-an.nya.. xD  adanya girl/boyband2 itu malah sering di-bully habis2an sama K-lovers. Wkwkwk…
Trus kalo ada girl/boyband Indonesia yang punya label dari Korean, macem boyband  S4, K-lovers yang nge-fans sama mereka gak begitu jelas keberadaannya(?). bahkan, temen saya yang seorang K-lovers sejati bilang gak suka. -__- gak kayak JKT48 yang juga sama2 punya label dari Jepang, tau sendiri kan fans mereka.? SEABREK.! Kebanyakan fans JKT48 adalah seorang J-lovers yang sebelumnya udah ngefans duluan sama elder sister-nya JKT48, yaitu AKB48.
Trus, baru2 ini kan lagi rame2.nya ngomongin Bima Satria Garuda, para J-lovers, termasuk saya tentunya, menyambut baik acara ini. Secara gitu, tokusatsu pertama di Indonesia.. apalagi pake teknologi yang sama kayak yang dipake di Kamen Rider dan Satria Baja Hitam. Sapa yang gak seneng coba??? o(>.<)o  meskipun kita belum tau nih serial kayak bagaimana jadinya, tapi kita, para J-lovers berharap optimis serial tokusatsu asli Indonesia ini bakal sekeren tokusatsu asal Jepang. :D
Intinya, biasanya J-lovers Indonesia akan bangga kalo Indonesia punya produk-nya sendiri. Mereka emang kagum terhadap Negara Jepang, tapi mereka juga akan bangga kalo Indonesia punya produk-nya sendiri. Mereka adalah anak bangsa yang baik. ^^

IMAJINASI
K-lovers yang selalu dicekoki sama drama-drama Korea yang romantic biasanya mempunyai imajinasi atau khayalan yang gak jauh-jauh dari isi drama yang biasa mereka tonton. Jadi tentu aja gak jauh-jauh dari hal-hal berbau percintaan. Mereka juga biasanya berkhayal bertemu sama artis-artis Korea yang notabene idola mereka. Atau, setidaknya, mereka berkhayal bisa bertemu seseorang yang mirip sama idola mereka terus kenalan terus jalan bareng terus.. terus.. lanjutin sendiri deh.. =~=
saya bilang begini bukan karena saya sok tau. Tapi karena saya pernah mengalaminya sendiri. Begini-begini saya pernah kena virus K-lover waktu SMP.. x///D *malah buka aib* jadi saya tau gimana rasanya jadi K-lover itu..  -~-
pokoknya intinya, isi khayalan mereka gak akan jauh-jauh sama apa yang mereka tonton.
So does J-lovers. Isi khayalan atau imajinasi J-lovers juga gak akan jauh-jauh sama yang mereka tonton. Bedanya, karena kebuanyakan *saking banyaknya xD* J-lovers itu tontonannya hal-hal yang diluar nalar (?) alias tontonan berimajinasi tinggi, so, khayalan-khayalan mereka juga adalah khayalan-khayalan dengan tingkat imajinasi tinggi. Makanya, banyak dari J-lovers yang dianggap ‘aneh’ oleh lingkungannya (seperti saya T~T ).

TINGKAT ‘KESULITAN’
Gak bisa dipungkiri kalo jumlah K-lovers di Indoensia udah bejibun banyaknya. Bahkan menurut survey, jumlah J-lovers kalah banyak sama jumlah K-lovers. OwO misalnya aja, disekolah saya, emmm,, biar gak terkesan sok tau saya ambil sample di angkatan saya aja deh.. soalnya udah pasti kenalnya.. -~- Kalo dikasih perbandingan, K-lovers sama J-lovers di angkatan saya (mungkin) perbandingannya sekitar 7 : 5. Kalo disekolah saya sih, K-lovers nya cewek semua (tapi saya gak tau mungkin aja ada cowok di sekolah saya yg diam-diam jadi K-lover. Wkwkwk..). tapi kalo yang J-lovers, seimbang sih cewek sama cowoknya. ^-^

nah, karena K-lovers itu banyak, jadi tentu aja mereka lebih mudah untuk minta file-file ‘ke-korea-an’ dari temen-temen mereka sesama K-lovers. Mereka yang males download sendiri bisa dengan mudah minta ke temen-temen mereka sesama K-lovers. Gak kayak saya yang J-lovers.. T~T *hiks*. Memang sih, kalo soal anime bisa dibilang cukup mudah saya mendapatkannya karena cukup banyak teman saya yang menyimpan file-file anime. Tapi kalo soal MV/PV visual-kei, saya harus berjuang sendiri untuk mendapatkannya.. T~T
kadang saya iri gitu sama K-lovers yang begitu mudahnya mendapat MV-MV yang mereka inginkan bahakan tanpa download sekalipun *alah! Malah curhat*
Emang sih, para J-lovers bisa dengan mudah tukar informasi. Tapi itu Cuma di dunia maya aja. Kalo di dunia nyata, berhubung temen yang J-lovers sedikit jadi ya pertukaran informasi nya juga terbatas. -~-
tapi sebenernya J-lovers bisa tukar informasi secara langsung alias di dunia nyata dengan lebih luas yaitu pas ada event-event jejepangan. Tau sendiri kalo event-event jejepangan itu tempat ketemunya para J-lovers dari segala tempat. -~-  sayangnya event-event begitu Cuma ada di kota-kota besar doank macem Jakarta dan Surabaya. Nah, kalo di kota kecil macem kota saya? Mana ada acara begituan.. TT~TT jadi ya J-lovers seperti saya ini sumber informasi utamanya ya internet.
Trus, kalo ada konser-konsernya Boyband/Girlband Korea, kenapa ada aja stasiun tv yang nayangin siaran ulangnya. Lha, coba kalo konsernya band-band atau penyanyi-penyanyi Jepang, mana coba yang nayangin? Gak ada kan? Bahkan beritanya pun gak rame-rame amat di televisi.. adanya ramenya di internet doank.. =,=”
Berhubung gak ada yang nayangin siaran ulangnya, J-lovers mau gak mau kudu dating sendiri ke acara konsernya atau kalo enggak kudu nyari sendiri videonya di internet itupun kalo ada..
Jadi, tingkat ‘kesulitan’ J-lovers untuk mendapatkan ‘sesuatu’ yang diingikannya lebih sulit dari pada K-lovers. T~T


yaah.. itulah beberapa pendapat saya mengenai perbedaan J-lovers dan K-lovers. perlu dicatat bahwa saya sama sekali gak bermaksud buat menjelek-jelekkan pihak manapun. tapi kalo ada beberapa pihak yang merasa gak enak saya mohon maaf.. m(_ _)m
sekian dari saya..~

7 comments:

  1. lanjutin dong neechan ! seru wokwok,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeh okeh.:)
      semangat nih saya kalo ada yg comment.. xD
      i'll post as soon as possible~ paling lambat 3 hari deh.. ^,~

      Delete
  2. K-lovers itu bnyak yg suka karena rata2 yg suka ababil gan
    Klo j-lovers rata lah gan

    ReplyDelete
  3. J-Lovers biasanya lebih mahir dibidang IT juga, karna sering maem game or VN, apalagi klo VN musti bener" ngerti klo install patch nya ribet -_- ... sama bisa nulis karna beberapa ada yg biasa nulis review-an, 3 eps rule, First Imppresion, Preview, dll
    overall nice Thesis (y)

    ReplyDelete
  4. Iya nih, kadang emang susah nyari berita tentang vi-kei atau jpop T_T
    Temen aku yang doyan jepang paling taunya cuma anime. Kalo aku tanya soal jpop atau dorama dia gak tau T_T *hiks

    ReplyDelete